Senin, 15 Februari 2016

Pendidikan formal penting untuk buah hati anda, Ingat!

pendidikan-info.blogspot.co.id, Pendidikan formal merupakan gerbang awal untuk mengenal ilmu bagi anak-anak. Maka sebaiknya dari saat ini sebagai orang tua wajib mempersiapkan segala sesuatunya untuk pendidikan anak anda mulai sekarang meskipun belum memiliki keturunan ataupun masih pengantin baru.


Pendidikan memiliki tahapan jenjang berikut ini:

  1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), merupakan langkah pertama anak anda memasuki jenjang pendidikan formal, di PAUD akan diajarkan cara bersosialisai secara terstuktur karena pendidik memiliki RPP atau rencana pembelajaran, cakupan PAUD formal adalah TK (Taman Kanak-Kanak) dan KB (Kelompok Bermain). Namun bagi yang tinggal di daerah terpencil atau mungkin daerah perbatasan terkadang PAUD tidak ada karena memang harus dikelolah oleh orang yang mampu karena untuk mendirikan PAUD harus memiliki izin foralitas pada instansi terkait.
  2. SD (Sekolah Dasar), merupakan batu loncatan kedua dari pendidikan anak anda, namun jika tidak ada dilokasi terdekat PAUD maka terkadang pengelolah SD masih mentolerir hal tersebut, namun sekarang ini PAUD untuk anak anda diwajibkan demi mempermudah penyerapan ilmunya di tingkat Sdnya kelak, dan itu benar beberapa guru mengeluhkan jika anak yang tidak mengikuti jenjang PAUD akan sulit bersosialisasi dan menyulitkan guru khususnya guru kelas tingkat 1. Cakupan SD milik pemerintah yaitu SDN (Sekolah Dasae Negeri) dan SDI (Sekolah Dasar Inpres) namun dilingkup Departemen agama juga ada yaitu MI (Madrasah Ibtidaiyah)
  3. SMP (Sekolah Menengah Pertama), merupakan sekolah lanjutan SD anak anda, sudah diajari awal kemandirian karena anak anda sudah mau memasuki gejala dewasa. Di departemen Agama juga memiliki jenjang pendidikan ini yaitu Madrasah Tsanawiyah.
  4. SMA (sekolah Menengah Atas),  merupakan sekolah lanjutan yang mengasah kedewasaan karena ditingkat pendidikan ini bahkan sudah dilakukan pembagian keterampilan/ jurusan. Sekolah yang sederajat SMA seperti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan MA (Madrasah Aliyah).
  5. Perguruan Tinggi, inilah sekolah yang mewajibkan memiliki satu jurusan saja dalam satu perkuliahan maka dari SMA sederajat tadi bisa dilihat kemampuan diri anak sehingga mengetahui jurusan yang diampuh ketika sedang melanjutkan Perguruan Tinggi/ perkuliahan. Perguruan tinggi memiliki banyak tingkatan juga Mulai D1, D2, D3, D4, S1, S2, S3.
Namun perlu anda ketahui bahwa pendidikan formal memiliki waktu yang sedikit maka sebagai orang tua wajib mengawal pendidikannya dan memberikan perhatian maupun didikan dirumah baik itu dari pengalaman pendidikan atau pengalaman hidup anda sebagai orang tuanya.


Semoga bermanfaat Artikel Pendidikan formal penting untuk buah hati.

2 komentar: